A.Pendahuluan
Banyak ulama-ulama yang terkenal menafsirkan Al-Qur’an dengan kemampuan yang
dimilikinya baik ulama tafsir klasik maupun kontemporer. Diantara ulama-ulama tafsir yang terkenal yaitu Ibnu ‘Asyur. Nama lengkap beliau
adalah Muhammad Thahir Ibnu ‘Asyur. Ibnu ‘Asyur merupakan ulama kontemporer
yang berasal dari Tunisia Beliau menulis kitab tafsirnya yang bernama Kitab
Tafsir At-Tahrir wa At-Tanwir.
Karya tafsir Ibnu Asyur adalah salah satu
karya terbesar dari beberapa karya-karya beliau dan merupakan karya tafsir
kontemporer yang memiliki pengaruh cukup signifikan dalam dunia tafsir. Kitab At-Tahrir
wa At-Tanwir terdiri dari 30 Juz dan terbagi dalam 12 jilid. Dan kitab
tafsir beliau yaitu Kitab At-Tahrir wa At-Tanwir merupakan salah satu
kitab tafsir kontemporer.
Dalam pembahasan
selanjutnya akan menjelaskan tentang riwayat hidup Ibnu ‘Asyur yaitu mengenai
biografinya, pendidikannya, karya-karyanya serta latar belakang penyusunan
kitab tafsir beliau dan juga sekilas gambaran tentang Kitab At-Tahrir wa
At-Tanwir. Kemudian dilanjutkan dengan memaparkan bagaimana metode
penafsiran yang digunakan Ibnu ‘Asyur dalam menafsirkan ayat-ayat Al-Quran dalam kitab tafsir At-Tahrir
wa At-Tanwir serta menjelaskan tentang corak (laun) penafsiran dan
pendekatan (madkhal) penafsirannya.
B.Riwayat Hidup Ibnu ‘Asyur
1.Biografinya
Nama
lengkap beliau adalah Muhammad al-Thahir bin Muhammad al-Tahrir bin Muhammad
bin Muhammad bin Muhammad Asy-Syadzili bin Abd Al-Qadir Ibnu Asyur[1].
Ibnu Asyur lahir di kota Al-Marasyi, kota Tunisia pada bulan Jumadil al-Ula tahun 1298 H
Bertepatan dengan bulan September tahun 1879 M.
Ibnu ‘Asyur
wafat pada hari Ahad tanggal 12 Rajab 1393 H/ 12 Oktober 1973 M sebelum salat
Maghrib setelah sebelumnya beliau merasakan sakit ringan salat melaksanakan
salat Ashar.
Keluarga Ibnu ‘Asyur berasal dari Andalusia kemudian pindah ke
kota Sala di Maroko, Maghrib. Setelah itu menetap di Tunisia. Ibnu Asyur tumbuh
dalam asuhan orang tuanya dan kakeknya. Kakeknya merupakan seorang Perdana Menteri
dan Mufti. Kedua orang tuanya menginginkan beliau kelak menjadi seperti
kakeknya dalam bidang keilmuan dan kepandaiannya[2].
Cita-cita dan
harapan kedua orang tuanya akhirnya terwujudkan. Ibnu ‘Asyur menjadi pemimpin
para Mufti yaitu beliau disebut Syeikh al-Imam. Beliau seorang ‘Alim dan
guru di bidang tafsir dan balaghah. Dan juga beliau seorang Qadhi. Dan semasa
hidup beliau telah meraih berbagai prestasi gemilang dan juga menduduki jabatan
yang penting baik dalam bidang Agama keislaman maupun perkantoran.
2.Pendidikannya
Pendidikan awal beliau dapatkan dari kedua orang
tuanya dan dari segenap keluarganya baik langsung maupun tidak langsung.
Khususnya kakeknya, beliau belajar Al-Quran dan menghafalnya. Setelah itu
menghafal beberapa kitab matan seperti matan Ibnu Asyir al-Jurumiyah dan
juga kitab syarah al-Syeikh Khalid al-Azhari Ala Al-Jurumiyah. Setelah
itu, beliau belajar di Zaitunah. Az-Zaitunah itu sederajat denngan Al-Azhar di
Kairo. Az-Zaitunah merupakan model pendidikan yang berpusat pada mesjid, beliau
belajar Al-Quran, baik hafalan, tajwid, qira’at dan lain sebagainya. Beliau belajar di
Az-Zaitunah sampai beliau ahli beberapa disiplin Ilmu. Beliau mempelajari beberapa ilmu diantaranya Ilmu Nahwu, Ilmu
Balaghah, Ilmu lughah, Ilmu Fiqh, Ilmu Ushul Fiqh, Hadits, Mantiq, Ilmu Kalam,
Ilmu Faraid, Ilmu tarikh dan lain sebagainya.
Selain dari orang tua dan kakeknya, beliau juga
belajar dengan ulama-ulama lainnya. Diantaranya: Syeikh Muhammad Ad-Dari’iy,
Syaikh Muhammad Al-Shalib al-Suarif, Syeikh Muhammad Al-Khaliy, Syeikh Umar
Ibnu Asyar, dan lain sebagainya.Beliau hidup zaman dengan ulama ternama di
Mesir yaitu Muhammad Al-Khaddar Husein at-Tunisy. Mereka adalah teman
perjuangan, ulama yang sangat luar biasa, memiliki tingkat keimanan yang tinggi
dan memiliki ilmu pengetahuan yang luas. Pada akhirnya Muhammad Al-Khadar
Husein At-Tunisy menjadi Mufti di Mesir dan Muhammad Thahir Ibnu Asyur
menjadi Mufti
di Tunisia.
Dan murid-murid beliau sangat banyak sekali
karena beliau merupakan Syeikh besar pada Universitas tersebut. Diantara
murid-murid Ibnu ‘Asyur yang terkenal adalah Syeikh Muhammad Al-Fadl Ibnu Asyur,
Syeikh Abd al-Humaid ba Idris, Syeikh al-Fadl Muhammad Asy-Syazili An-Naisaburi[3],
dan lain sebagainya.
3.Karya-karyanya
Karya-karya Ibnu Asyur dalam Ilmu Keislaman:
a. Tahrir wa al-Tahrir
b. Maqasid asy-Syariah
c. Ushul An-Nidham
d. Alaisa As-Subhi
e. Al-Waqfu wa Atsaruhu fi Islam
f. Kasfu al-Mughta mina-Ma’ani wa al-Fadhil Waqiah fil Muwatha’
g. Qisah al-Maulid
h. Khausi Ala Tanqih Lisyababu
Ad-dinil Qarniy
i.
Fatawa wa Rasal Fiqhiiyah
j.
At-Tawadhuhuttashih fi Ushul Fiqh
Karya-karya Ibnu Asyur dalam bahasa Arab dan Sastra:
a. Ushul Al-Insya’ wa
Al-Khitabah
b. Mujizul Balaghah
c. Syariah Qasidul Aqsa
d. Tahqiq Diwan Bisyar
e. Al-Wudhuh fi Musykilah al-Mutnaba
f. Syarah Dal-himasah Liabi Tamam
g. Diwani Nabighah Adz-Zhahabi
h. Tarjamah Liabi al-Alam
Karya-karya beliau dalam bentuk majalah ilmiah:
a. As-Saadah al-Udhma
b. Al-Majalah Az-Zaituniyah
c. Huda Al-Islam
d. Nur Al-Islam
e. Misbah Asy-Syirq
f. Majalah Al-Manar
g. Majalah al-Hidayah al-Islamiyah
4.Latar Belakang
Penyusun Kitabnya dan Sekilas tentang Kitab Tafsir Ibnu ‘Asyur
Kitab Tafsir At-Tahrir wa at-tanwir dimulai dengan pengantar yang ditulis sendiri oleh
pengarangnya yaitu Ibnu Asyur. Pengantarnya berisi tentang penjelasan dari
beliau tentang apa yang menjadi motivasi beliau dalam kitab tafsir, serta nama
yang diberikan kepada kitab tafsirnya. Dalam Muqaddimah tafsirnya beliau
menuturkan satu angan-angan terbesar dalam hidup beliau yang ingin dicapai
adalah menafsirkan kitab Allah yang merupakan mukjizat terbesar Nabi Muhammad
SAW dan bercita-cita untuk membuat sebuah tafsir yang lengkap dari segi
kebahsan dan maknanya, yang belum perna ada sebelumnya. Tafsir yang mencakup
kemaslahatan dunia dan akhirat. Bukan hanya sekedar mengumpulkan perkataan
ulama sebelumnya, melainkan memiliki penjelasan-penjelasan yang berasal dari
hasil pengetahuan sendiri yang lebih mendetail dan menyeluruh dalam penafsiran
ayat Al-Quran[5].
Pada bagian selanjutnya beliau memaparkan kepada pembaca mengenai
wawasan umum tentang dasar-dasar penafsiran dan bagaimana seorang penafsir
berinteraksi dengan kosa kata, makna, lafal dari Al-Quran. Yaitu pada bagian pertama beliau membahas tentang tafsir, takwil dan posisi tafsir sebagi
ilmu, kemudian berbicara tentang referensi atau istimdad dalam ilmu tafsir, keabsahan tafsir bil
matsur dan tafsir bi ra’yi, menjelaskan tentang maksud dari seorang mufassir, membicarakan tentang latar
belakang turunnya suatu ayat (asbabun nuzul),tentang persoalan macam-macam Qira’at, tentang kisah-kisah
dalam Al-Qur’an (Qashash Qur’an), tentang nama,
jumlah ayat dan surat, susunan dan nama-nama Al-Quran,
berisikan tentang makna-makna yang
dikandung oleh kalimat Al-Quran serta menjelaskan tentang i’jazul Al-Quran[6]. Kemudian dilanjutkan
penafsiran surat Al-Fatihah kemudin surat-surat setelahnya dan diakhiri dengan
surat An-Nas yaitu berdasarkan tartib mashafi.
C.Manhaj Tafsir Ibnu
Asyur
1.Metode Tafsirnya
Metode
tafsir yang digunakan Ibnu ‘Asyur dalam menafsirkan Al-Quran adalah dengan
menggunakan metode tahlili. Metode tahlili adalah penafsiran yang berusaha
menafsirkan suatu Al-Quran dari berbagai aspeknya dengan panjang lebar
berdasarkan urutan-urutan ayat dan surat dalam mushaf[7],
penjelasan yang dimaksud dengan memaparkan berbagai aspek yang berkaitan dengan
ayat yang ditafsirkan, baik pengertian dan kandungan ayat, sebab-sebab turunnya
ayat dan lain sebagainya. Suatu kitab tafsir dapat
digolongkan dalam menggunakan metode tahlili apabila memenuhi kriteria metode
Tahlili[8].
Kriterianya adalah:
a.Menafsirkan Al-Quran
dengan analisis yang panjang lebar.
Ibnu ‘Asyur dalam menafsirkan suatu ayat
dalam Al-Quran, beliau dengan menggunakan anlisis yang panjng lebar dan
memaparkan berbagai aspek yang berkaitan dengan ayat tersebut. Contoh
penafsiran beliau seperti dalam penafsiran Surat Al-Fatihah.
البسملة اسم لكلمة
باسم الله ، صيغ هذا الاسم على مادَّةٍ مؤلفة من حروف الكلمتين باسم والله على طريقة
تسمى النَّحْت ، وهو صوغ فعللِ مُضِيٍ على زنة فَعْلَل مؤلفةٍ مادِّتُه من حروف
جملة أو حروففِ مركَّب إِضَافِيَ ، مما ينطق به الناس اختصاراً عن ذكر الجملة كلها
لقصد التخفيف لكثرة دوران ذلك على الألسنة وقد استعمل العرب النحت في النَّسَب إلى الجملة أو المركب
إذا كان في النسببِ إلى صدر ذلك أو إلى عَجزه التباس ، كما قالوا في النسبة إلى
عبد شمس عَبْشَمِيّ خشية الالتباس بالنسب إلى عبدٍ أو إلى شمس ، وفي النسبة إلى
عبد الدار عَبْدَرِيّ كذلك وإلى حضرموت حضرمي قال سيبويه في باب الإضافة ( أي
النسَب ) إلى المضاف من الأسماء : «وقد يجعلون للنسب في الإضافة اسماً بمنزلة
جَعْفَري ويجعلون فيه من حروف الأول والآخر ولا يخرجونه من حروفهما ليُعْرَف» ا ه
، فجاء من خلفهم من مولدي العرب واستعملوا هذه الطريقة في حكاية الجمل التي يكثر
دورانها في الألسنة لقصد الاختصار ، وذلك من صدر الإسلام فصارت الطريقة عربيةورأيت
في «شرح ابن هارون التونسي على مختصر ابن الحاجب» في باب الأذان عن المطرز في كتاب
«اليواقيت» : الأفعالُ التي نحتت من أسمائها سبعة : بَسْمَلَ في بسم الله ،
وسَبْحَلَ في سبحان الله ، وحَيْعَلَ في حي على الصلاة ، وحَوْقَلَ في لا حول ولا
قوة إلا بالله ، وحَمْدَلَ في الحمدُ لله ، وهَلَّل في لا إله إلا الله ، وجَيْعَل
إذا قال : جُعلت فِداك ، وزاد الطَّيْقَلَة في أَطال الله بقاءك ، والدَّمْعَزَةَ
في أدام الله عزك .
Dalam
penafsiran surat Al-Fatihah beliau menjelaskan tentang lafal basmalah. Beliau
mengungkapkan tentang makna yang dikandung dalam lafal basmalah dan pendapat
ulama tentang basmalah apakah termasuk dalam bagian ayat Al-Quran atau tidak[9].
b.Pembahasannya memuat semua pembahasan mengenai
Ulumul Quran seperti Asbabun Nuzul, Musabah al-quran, Qiraat Al-Qur’an[10]
dan lain sebagainya.
Sebagai contoh dalam
Surat Al-Mudatsir : 1-3
$pkr'¯»t
ãÏoO£ßJø9$# ÇÊÈ óOè% öÉRr'sù ÇËÈ y7/uur ÷Éi9s3sù ÇÌÈ
Artinya: Hai
orang yang berkemul (berselimut, bangunlah,
lalu berilah peringatan!, dan
Tuhanmu agungkanlah!
نوديّ النبي بوصفه في حالة خاصة تلبس بها حين نزول
السورة . وهي أنه لما رأى الملك بين السماء والأرض فرق من رؤيته فرجع إلى خديجة
فقال : دثروني دثروني ، أو قال : زملوني ، أو قال : زملوني فدثروني ، على اختلاف الروايات
، والجمع بينها ظاهر فدثرته فنزلت : { يا أيها المدثر .
وقد مضى عند قوله تعالى : { يا أيها المزمل } [ المزمل :
1 ] ما في هذا النداء من التكرمة والتلطف .
و { المدثر } : اسم فاعل من تدثّر ، إذا لبس الدِّثَار ،
فأصله المتدثر أدغمت التاء في الدال لتقاربهما في النطق كما وقع في فعل ادَّعى .
Penafsiran beliau adalah
“Allah memanggil dengan nabi Muhammad dengan suatu sifat yang khusus baginya
yang berada di langit dan bumi dan kemudian malaikat merukyah Nabi, dan
kemudian Nabi pulang menemui Khajidah dengan gemetar dan Nabi berkata: Zammiluni-zammiluni”
atau “datsiruni-datsiruni”. Ada yang mengatakan zammiluni wa datsiruni.
Lalu ada yang mengatakan zammiluni yaitu panggilan yang mulia untuk Nabi
Muhammad SAW.
Al-mudatsir isim fail dari kata tadtsir yang berarti apabila memakai
selimut. Asal kata al-mudatsir adalah mutadtsir lalu dihilangkan
huruf ta, yang menunujukkan pendekatan dan mempermudah dalam mengatakan[11].
Dalam penafsiran beliau dalam Surat Al-Mudatsir : 1-3 yaitu beliau menyebutkan asbabun
nuzulnya kemudian dilanjutkan dengan menjelaskan kata perkata yaitu lafal
ayat-ayat dalam surat tersebut secara panjang lebar.
c.Tartib Mashafi 30 Juz
berdasarkan urutan mushaf.
Seperti
dalam kitab Ibnu ‘Asyur, setelah beliau menafsirkan Surat Al-Fatihah secara
panjang lebar dilanjutkan dengan menafsirkan Surat Al-Baqarah dan dilanjutkan
surat-surat setelahnya dan diakhiri dengan Surat An-Nas. Dan juga Kitab At-Tahrir wa At-Tanwir terdiri dari 30 Juz dan terbagi
dalam 12 jilid yang dimulai dengan
Surat Al-Baqarah dan diakhiri dengan Surat An-Nas.
2.Corak (Laun) Tafsirnya
Dalam penafsiran Ibnu Asyur
menggunakan corak penafsiran bir-ra’yi. Corak bir-ra’yi adalah penafsiran
dengan menggunakan analisis bahasa atau pendapat mufassir[12].
Dalam corak bir ra’yi juga menggunakan ayat-ayat al-Quran, Hadits atau pendapat
ulama lainnya dan itu adalah untuk mendukung pendapat mufassir tersebut.
Sebagai contoh dalam Suirat Al-Mudatsir : 1-3
$pkr'¯»t
ãÏoO£ßJø9$# ÇÊÈ óOè% öÉRr'sù ÇËÈ y7/uur ÷Éi9s3sù ÇÌÈ
Artinya: Hai
orang yang berkemul (berselimut, bangunlah,
lalu berilah peringatan!, dan
Tuhanmu agungkanlah!
Penafsiran beliau adalah
“Allah memanggil dengan nabi Muhammad dengan suatu sifat yang khusus baginya
yang berada di langit dan bumi dan kemudian malaikat merukyah Nabi, dan
kemudian Nabi pulang menemui Khajidah dengan gemetar dan Nabi berkata: Zammiluni-zammiluni”
atau “datsiruni-datsiruni”. Ada yang mengatakan zammiluni wa datsiruni.
Lalu ada yang mengatakan zammiluni yaitu panggilan yang mulia untuk Nabi
Muhammad SAW.
Al-mudatsir isim fail dari kata tadtsir yang berarti apabila
memakai selimut. Asal kata al-mudatsir adalah mutadtsir lalu
dihilangkan huruf ta, yang menunujukkan pendekatan dan mempermudah dalam
mengatakan.
Adapun yang nampak jelas
pertama kali ayat ini diturunkan Allah menyeru untuk berdakwah, karena di dalam
Surah Al-Alaq tidak ada seruan untuk berdakwah. Dan sumber dari pengertian dari
sumber Surat Al-Mudatsir adalah dakwah. Allah Berfirman: Q.S. Al-Muzammil : 15
!$¯RÎ) !$uZù=yör& óOä3ös9Î) Zwqßu #´Îg»x©
ö/ä3øn=tæ
!$uKx.
!$uZù=yör& 4n<Î) cöqtãöÏù
Zwqßu ÇÊÎÈ
Artinya: Sesungguhnya Kami
telah mengutus kepada kamu (hai orang kafir Mekah) seorang rasul, yang menjadi
saksi terhadapmu, sebagaimana Kami telah mengutus (dahulu) seorang Rasul kepada
Fir'aun.
Dan di ayat lain Allah
menjelaskan wazarni walmukadzibin artinya “ tinggalkan aku dalam
kedustaan “.
Mereka kaum Quraisy
mendustakan Nabi Muhammad, setelah beliau menyampaikan apa yang telah
diperintahkan Allah, walaupun sebagian mereka menolak dan mendustakan tetap
beliau menyampaikan karena merupakn suatu perintah. Khadijah berkata: “Seruan terrsebut
merupakan amanat bagi seluruh manusia.
Wa rabbuka fakabbir “dan Tuhanmu maka besarkanlah” termasuk maf’ul dari kata
kabbara karena dihukumkan sebagai pengkhususan dan tidak membesarkan
kepada selainnya, betul-betul menyatu dalam mentauhidkan Allah semata dan bukan
kepada patung. Dan waw adalah athaf sama dengan kata maknanya tidak lemah
dengan pengetahuan keagungan Allah Ilahiyah dan mencakup kesempurnaan dalam
sifat-sifat Allah[13].
Dan makna mengangungkan
keyakinmu, membesarkan dengan perkataan tasbih dan ilmu pengetahuan dan
mencakup makna Allahu Akbar karena sifat ini adalah sifat Allah yang sangat
besar dari segala yang besar atau pengangungan atas segala yang agung dan
kalimat ini adalah sebagai pembukaan dalam shalat.
3.Pendekatan (Madkhal)
Tafsir
Banyak istilah yang digunakan ulama
tafsir untuk menjelaskan pendekatan atau madkhal yang digunakan dalam suatu
penafsiran. Pendekatan suatu penafsiran adalah suatu warna, arah atau
kecenderungan pemikiran atau ide-ide tertentu yang mendominasi suatu karya
tafsir[14]. Pendekatan
atau madkhal dalam penafsirannya adalah lughawi atau adabi yaitu beliau dalam
menafsirkan ayat-ayat Al-Qur’an lebih kepada aspek gramatikal bahasa dan sastra.
Sebagaimana dalam Surat Al-Baqarah[15]:
y7Ï9ºs Ü=»tGÅ6ø9$#
w |=÷u ¡
ÏmÏù
¡
Wèd
z`É)FßJù=Ïj9 ÇËÈ
{ ذلك الكتاب } .
مبدأ كلام لا اتصال له في الإعراب بحروف { الم } [
البقرة : 1 ] كما علمتَ مما تقدم على جميع الاحتمالات كما هو الأظهر . وقد جوز
صاحب «الكشاف» علَى احتمال أن تكون حروف { ألم } مسوقة مساق التهجي لإظهار عجز المشركين
عن الإتيان بمثل بعض القرآن ، أَن يكون اسمُ الإشارة مشاراً به إلى { الم }
باعتباره حرفاً مقصوداً للتعجيز ، أي ذلك المعنى الحاصل من التهجي أي ذلك الحروف
باعتبارها من جنس حروفكم هي الكتابُ أي منها تراكيبه فما أَعجزَكم عن معارضته ،
فيكون { الم } جملة مستقلة مسوقة للتعريض .
واسم الإشارة مبتدأ و ( الكتابُ ) خبراً . وعلى الأظهر
تكون الإشارة إلى القرآن المعروف لَدَيْهم يومئذٍ واسم الإشارة مبتدأ و ( الكتاب )
بدل وخبرُه ما بعده ، فالإشارة إلى ( الكتاب ) النازِل بالفعل وهي السور المتقدمة
على سورة البقرة؛ لأن كل ما نزل من القرآن فهو المعبر عنه بأنه القرآن وينضم إليه
ما يلحق به ، فيكون ( الكتاب ) على هذا الوجه أطلق حقيقة على ما كُتب بالفعل ،
ويكون قوله ( الكتاب ) على هذا الوجه خبراً عن اسم الإشارة ، ويجوز أن تكون
الإشارة إلى جميع القرآن ما نزل منه وما سينزل لأن نزوله مترقَّب فهو حاضر في
الأذهان فشبه بالحاضر في العيان ، فالتعريف فيه للعهد التقديري والإشارة إليه
للحضور التقديري فيكون قوله ( الكتاب ) حينئذٍ بدلاً أو بياناً من { ذلك } والخبر
هو { لا ريب فيه } .
Dalam
penafsiran ayat tersebut beliau menjelaskan tentang lafaz al-Kitab
tersebut secara panjang lebar baik dari segi gramatikal maupun sastra.
D.Penutup
Kitab tafsir At-Tahrir wa At-Tanwir
merupakan tafsir kontemporer yang dikarang oleh Muhammad Thahir Ibnu ‘Asyur.
Beliau merupakan seorang ulama di Tunisia. Metode Penafsiran yang digunakan
Ibnu ‘Asyur dalam kitab tafsir At-Tahrir wa At-Tanwir adalah metode
tahlili karena kitab tafsir ini memenuhi kriteria syarat-syarat metode tahlili
(analisis). Corak (laun) penafsiran dalam kitab tafsir ini adalah dengan
tafsir bi al-ra’yi yaitu dengan menggunakan aspek kebahasaan. Walaupun demikian
beliau juga ada menafsirkan Al-Qur’an dengan Al-Qur’an, dengan Hadits,
perkataan sahabat pandangan ulama, dan kesemua itu adalah untuk menjadi
pendukung pendapat mufassir. Sedangkan pendekatan (madkhal) yang beliau
gunakan adalah adabi atau sastra, karena beliau lebih banyak menjelaskan
kajian kebahasaan yaitu gramatikal dan sastra dan juga beliau lebih menjelaskan
kata perkata dalam lafazh Al-Quran dan mengungkapkan makna-makna suatu mufradat
dalam ayat-ayat Al-Quran.
DAFTAR PUSTAKA
Adz-Dhahabi,Muhammad Husain.1996.Tafsir wal Mufassirun.Mesir:Dar
al-Kutub
Al-Qaththan,Manna’.1973.Mabahits fi Ulum Al-Qur’an.Mansyurat Al-Ash
Al-Hadits
‘Asyur,Ibnu.Alaisa Subki. Darussukun li al-Nasy wa Al-Thusy
Baiden,Nasruddin.2005.Wawasan Baru Ilmu Tafsir.Yogyakarta:Pustaka
Pelajar
Ghazali,Muqsith.dkk.2009. Metodologi Studi Al-Qur’an.Jakarta:Gramedia
Pustaka
Shihab,Quraish.1992. Membumikan Al-Qur’an.Bandung:Mizan
Thahir Ibnu Asyur,Muhammad.1984.At-Tahrir wa At-Tanwir.Tunis:Dar
At-Tunisia
Thahir,Ibnu Asyur.2008.Syarh al-Muqaddimah al-Adabiyah.Riyadh:Maktabah
al-Minhaj
Zenrif,M.F. 2008. Sintetis Paradigma Studi Al-Qur’an.Malang:UIN
Malang Press
No comments:
Post a Comment