Wednesday, February 18, 2015

Metode Penafsiran Ibnu 'Asyur dalam Kitab At-Tahrir wa At-Tanwir







A.Pendahuluan
           Banyak ulama-ulama yang terkenal  menafsirkan Al-Qur’an dengan kemampuan yang dimilikinya baik ulama tafsir klasik maupun kontemporer. Diantara ulama-ulama tafsir yang terkenal yaitu Ibnu ‘Asyur. Nama lengkap beliau adalah Muhammad Thahir Ibnu ‘Asyur. Ibnu ‘Asyur merupakan ulama kontemporer yang berasal dari Tunisia Beliau menulis kitab tafsirnya yang bernama Kitab Tafsir At-Tahrir wa At-Tanwir.
           Karya tafsir Ibnu Asyur adalah salah satu karya terbesar dari beberapa karya-karya beliau dan merupakan karya tafsir kontemporer yang memiliki pengaruh cukup signifikan dalam dunia tafsir. Kitab At-Tahrir wa At-Tanwir terdiri dari 30 Juz dan terbagi dalam 12 jilid. Dan kitab tafsir beliau yaitu Kitab At-Tahrir wa At-Tanwir merupakan salah satu kitab tafsir kontemporer.
           Dalam pembahasan selanjutnya akan menjelaskan tentang riwayat hidup Ibnu ‘Asyur yaitu mengenai biografinya, pendidikannya, karya-karyanya serta latar belakang penyusunan kitab tafsir beliau dan juga sekilas gambaran tentang Kitab At-Tahrir wa At-Tanwir. Kemudian dilanjutkan dengan memaparkan bagaimana metode penafsiran yang digunakan Ibnu Asyur dalam menafsirkan ayat-ayat Al-Quran dalam kitab tafsir At-Tahrir wa At-Tanwir serta menjelaskan tentang corak (laun) penafsiran dan pendekatan (madkhal) penafsirannya.

B.Riwayat Hidup Ibnu Asyur

1.Biografinya
            Nama lengkap beliau adalah Muhammad al-Thahir bin Muhammad al-Tahrir bin Muhammad bin Muhammad bin Muhammad Asy-Syadzili bin Abd Al-Qadir Ibnu Asyur[1].
Ibnu Asyur lahir di kota Al-Marasyi, kota Tunisia pada bulan Jumadil al-Ula tahun 1298 H
Bertepatan dengan bulan September tahun 1879 M. Ibnu Asyur wafat pada hari Ahad tanggal 12 Rajab 1393 H/ 12 Oktober 1973 M sebelum salat Maghrib setelah sebelumnya beliau merasakan sakit ringan salat melaksanakan salat Ashar.
           Keluarga Ibnu Asyur berasal dari Andalusia kemudian pindah ke kota Sala di Maroko, Maghrib. Setelah itu menetap di Tunisia. Ibnu Asyur tumbuh dalam asuhan orang tuanya dan kakeknya. Kakeknya merupakan seorang Perdana Menteri dan Mufti. Kedua orang tuanya menginginkan beliau kelak menjadi seperti kakeknya dalam bidang keilmuan dan kepandaiannya[2].
           Cita-cita dan harapan kedua orang tuanya akhirnya terwujudkan. Ibnu ‘Asyur menjadi pemimpin para Mufti yaitu beliau disebut Syeikh al-Imam. Beliau seorang ‘Alim dan guru di bidang tafsir dan balaghah. Dan juga beliau seorang Qadhi. Dan semasa hidup beliau telah meraih berbagai prestasi gemilang dan juga menduduki jabatan yang penting baik dalam bidang Agama keislaman maupun perkantoran.



2.Pendidikannya
              Pendidikan awal beliau dapatkan dari kedua orang tuanya dan dari segenap keluarganya baik langsung maupun tidak langsung. Khususnya kakeknya, beliau belajar Al-Quran dan menghafalnya. Setelah itu menghafal beberapa kitab matan seperti matan Ibnu Asyir al-Jurumiyah dan juga kitab syarah al-Syeikh Khalid al-Azhari Ala Al-Jurumiyah. Setelah itu, beliau belajar di Zaitunah. Az-Zaitunah itu sederajat denngan Al-Azhar di Kairo. Az-Zaitunah merupakan model pendidikan yang berpusat pada mesjid, beliau belajar Al-Quran, baik hafalan, tajwid, qiraat dan lain sebagainya. Beliau belajar di Az-Zaitunah sampai beliau ahli beberapa disiplin Ilmu. Beliau mempelajari beberapa ilmu diantaranya Ilmu Nahwu, Ilmu Balaghah, Ilmu lughah, Ilmu Fiqh, Ilmu Ushul Fiqh, Hadits, Mantiq, Ilmu Kalam, Ilmu Faraid, Ilmu tarikh dan lain sebagainya.
              Selain dari orang tua dan kakeknya, beliau juga belajar dengan ulama-ulama lainnya. Diantaranya: Syeikh Muhammad Ad-Dari’iy, Syaikh Muhammad Al-Shalib al-Suarif, Syeikh Muhammad Al-Khaliy, Syeikh Umar Ibnu Asyar, dan lain sebagainya.Beliau hidup zaman dengan ulama ternama di Mesir yaitu Muhammad Al-Khaddar Husein at-Tunisy. Mereka adalah teman perjuangan, ulama yang sangat luar biasa, memiliki tingkat keimanan yang tinggi dan memiliki ilmu pengetahuan yang luas. Pada akhirnya Muhammad Al-Khadar Husein At-Tunisy menjadi Mufti di Mesir dan Muhammad Thahir Ibnu Asyur menjadi Mufti di Tunisia.
              Dan murid-murid beliau sangat banyak sekali karena beliau merupakan Syeikh besar pada Universitas tersebut. Diantara murid-murid Ibnu Asyur yang terkenal adalah Syeikh Muhammad Al-Fadl Ibnu Asyur, Syeikh Abd al-Humaid ba Idris, Syeikh al-Fadl Muhammad Asy-Syazili An-Naisaburi[3], dan lain sebagainya.

3.Karya-karyanya

Karya-karya Ibnu Asyur dalam Ilmu Keislaman:
a.       Tahrir wa al-Tahrir
b.      Maqasid asy-Syariah
c.       Ushul An-Nidham
d.      Alaisa As-Subhi
e.       Al-Waqfu wa Atsaruhu fi Islam
f.       Kasfu al-Mughta mina-Ma’ani wa al-Fadhil Waqiah fil Muwatha’
g.      Qisah al-Maulid
h.      Khausi Ala Tanqih Lisyababu Ad-dinil Qarniy
i.        Fatawa wa Rasal Fiqhiiyah
j.        At-Tawadhuhuttashih fi Ushul Fiqh

Karya-karya Ibnu Asyur dalam  bahasa Arab dan Sastra:
a.       Ushul Al-Insya’ wa Al-Khitabah
b.      Mujizul Balaghah
c.       Syariah Qasidul Aqsa
d.      Tahqiq Diwan Bisyar
e.       Al-Wudhuh fi Musykilah al-Mutnaba
f.       Syarah Dal-himasah Liabi Tamam
g.      Diwani Nabighah Adz-Zhahabi
h.      Tarjamah Liabi al-Alam

Karya-karya beliau dalam bentuk majalah ilmiah:
a.       As-Saadah al-Udhma
b.      Al-Majalah Az-Zaituniyah
c.       Huda Al-Islam
d.      Nur Al-Islam
e.       Misbah Asy-Syirq
f.       Majalah Al-Manar
g.      Majalah al-Hidayah al-Islamiyah
h.      Majalah Majma’ al-Ilmi bi Damaskus[4]

4.Latar Belakang Penyusun Kitabnya dan Sekilas tentang Kitab Tafsir Ibnu ‘Asyur
                                                                                                 
            Kitab Tafsir At-Tahrir wa at-tanwir dimulai dengan pengantar yang ditulis sendiri oleh pengarangnya yaitu Ibnu Asyur. Pengantarnya berisi tentang penjelasan dari beliau tentang apa yang menjadi motivasi beliau dalam kitab tafsir, serta nama yang diberikan kepada kitab tafsirnya. Dalam Muqaddimah tafsirnya beliau menuturkan satu angan-angan terbesar dalam hidup beliau yang ingin dicapai adalah menafsirkan kitab Allah yang merupakan mukjizat terbesar Nabi Muhammad SAW dan bercita-cita untuk membuat sebuah tafsir yang lengkap dari segi kebahsan dan maknanya, yang belum perna ada sebelumnya. Tafsir yang mencakup kemaslahatan dunia dan akhirat. Bukan hanya sekedar mengumpulkan perkataan ulama sebelumnya, melainkan memiliki penjelasan-penjelasan yang berasal dari hasil pengetahuan sendiri yang lebih mendetail dan menyeluruh dalam penafsiran ayat Al-Quran[5].
             Pada bagian selanjutnya beliau memaparkan kepada pembaca mengenai wawasan umum tentang dasar-dasar penafsiran dan bagaimana seorang penafsir berinteraksi dengan kosa kata, makna, lafal dari Al-Quran. Yaitu pada bagian pertama beliau membahas tentang tafsir, takwil dan posisi tafsir sebagi ilmu, kemudian berbicara tentang referensi atau istimdad dalam ilmu tafsir, keabsahan tafsir bil matsur dan tafsir bi ra’yi, menjelaskan tentang maksud dari seorang mufassir, membicarakan tentang latar belakang turunnya suatu ayat (asbabun nuzul),tentang persoalan macam-macam Qiraat, tentang kisah-kisah dalam Al-Qur’an (Qashash Qur’an), tentang nama, jumlah ayat dan surat, susunan dan nama-nama Al-Quran, berisikan tentang makna-makna yang dikandung oleh kalimat Al-Quran serta menjelaskan tentang i’jazul Al-Quran[6]. Kemudian dilanjutkan penafsiran surat Al-Fatihah kemudin surat-surat setelahnya dan diakhiri dengan surat An-Nas yaitu berdasarkan tartib mashafi.




C.Manhaj Tafsir Ibnu Asyur

1.Metode Tafsirnya
         Metode tafsir yang digunakan Ibnu ‘Asyur dalam menafsirkan Al-Quran adalah dengan menggunakan metode tahlili. Metode tahlili adalah penafsiran yang berusaha menafsirkan suatu Al-Quran dari berbagai aspeknya dengan panjang lebar berdasarkan urutan-urutan ayat dan surat dalam mushaf[7], penjelasan yang dimaksud dengan memaparkan berbagai aspek yang berkaitan dengan ayat yang ditafsirkan, baik pengertian dan kandungan ayat, sebab-sebab turunnya ayat dan lain sebagainya. Suatu kitab tafsir dapat digolongkan dalam menggunakan metode tahlili apabila memenuhi kriteria metode Tahlili[8]. Kriterianya adalah:

a.Menafsirkan Al-Quran dengan analisis yang panjang lebar.

        Ibnu ‘Asyur dalam menafsirkan suatu ayat dalam Al-Quran, beliau dengan menggunakan anlisis yang panjng lebar dan memaparkan berbagai aspek yang berkaitan dengan ayat tersebut. Contoh penafsiran beliau seperti dalam penafsiran Surat Al-Fatihah.

البسملة اسم لكلمة باسم الله ، صيغ هذا الاسم على مادَّةٍ مؤلفة من حروف الكلمتين باسم والله على طريقة تسمى النَّحْت ، وهو صوغ فعللِ مُضِيٍ على زنة فَعْلَل مؤلفةٍ مادِّتُه من حروف جملة أو حروففِ مركَّب إِضَافِيَ ، مما ينطق به الناس اختصاراً عن ذكر الجملة كلها لقصد التخفيف لكثرة دوران ذلك على الألسنة وقد استعمل العرب النحت في النَّسَب إلى الجملة أو المركب إذا كان في النسببِ إلى صدر ذلك أو إلى عَجزه التباس ، كما قالوا في النسبة إلى عبد شمس عَبْشَمِيّ خشية الالتباس بالنسب إلى عبدٍ أو إلى شمس ، وفي النسبة إلى عبد الدار عَبْدَرِيّ كذلك وإلى حضرموت حضرمي قال سيبويه في باب الإضافة ( أي النسَب ) إلى المضاف من الأسماء : «وقد يجعلون للنسب في الإضافة اسماً بمنزلة جَعْفَري ويجعلون فيه من حروف الأول والآخر ولا يخرجونه من حروفهما ليُعْرَف» ا ه ، فجاء من خلفهم من مولدي العرب واستعملوا هذه الطريقة في حكاية الجمل التي يكثر دورانها في الألسنة لقصد الاختصار ، وذلك من صدر الإسلام فصارت الطريقة عربيةورأيت في «شرح ابن هارون التونسي على مختصر ابن الحاجب» في باب الأذان عن المطرز في كتاب «اليواقيت» : الأفعالُ التي نحتت من أسمائها سبعة : بَسْمَلَ في بسم الله ، وسَبْحَلَ في سبحان الله ، وحَيْعَلَ في حي على الصلاة ، وحَوْقَلَ في لا حول ولا قوة إلا بالله ، وحَمْدَلَ في الحمدُ لله ، وهَلَّل في لا إله إلا الله ، وجَيْعَل إذا قال : جُعلت فِداك ، وزاد الطَّيْقَلَة في أَطال الله بقاءك ، والدَّمْعَزَةَ في أدام الله عزك .

            Dalam penafsiran surat Al-Fatihah beliau menjelaskan tentang lafal basmalah. Beliau mengungkapkan tentang makna yang dikandung dalam lafal basmalah dan pendapat ulama tentang basmalah apakah termasuk dalam bagian ayat Al-Quran atau tidak[9].

b.Pembahasannya memuat semua pembahasan mengenai Ulumul Quran seperti Asbabun Nuzul, Musabah al-quran, Qiraat Al-Qur’an[10] dan lain sebagainya.

Sebagai contoh dalam Surat Al-Mudatsir : 1-3
$pkšr'¯»tƒ ãÏoO£ßJø9$# ÇÊÈ   óOè% öÉRr'sù ÇËÈ   y7­/uur ÷ŽÉi9s3sù ÇÌÈ  
Artinya: Hai orang yang berkemul (berselimut, bangunlah, lalu berilah peringatan!, dan Tuhanmu agungkanlah!

نوديّ النبي بوصفه في حالة خاصة تلبس بها حين نزول السورة . وهي أنه لما رأى الملك بين السماء والأرض فرق من رؤيته فرجع إلى خديجة فقال : دثروني دثروني ، أو قال : زملوني ، أو قال : زملوني فدثروني ، على اختلاف الروايات ، والجمع بينها ظاهر فدثرته فنزلت : { يا أيها المدثر .
وقد مضى عند قوله تعالى : { يا أيها المزمل } [ المزمل : 1 ] ما في هذا النداء من التكرمة والتلطف .
و { المدثر } : اسم فاعل من تدثّر ، إذا لبس الدِّثَار ، فأصله المتدثر أدغمت التاء في الدال لتقاربهما في النطق كما وقع في فعل ادَّعى .


Penafsiran beliau adalah “Allah memanggil dengan nabi Muhammad dengan suatu sifat yang khusus baginya yang berada di langit dan bumi dan kemudian malaikat merukyah Nabi, dan kemudian Nabi pulang menemui Khajidah dengan gemetar dan Nabi berkata: Zammiluni-zammiluni” atau “datsiruni-datsiruni”. Ada yang mengatakan zammiluni wa datsiruni. Lalu ada yang mengatakan zammiluni yaitu panggilan yang mulia untuk Nabi Muhammad SAW.

Al-mudatsir isim fail dari kata tadtsir yang berarti apabila memakai selimut. Asal kata al-mudatsir adalah mutadtsir lalu dihilangkan huruf ta, yang menunujukkan pendekatan dan mempermudah dalam mengatakan[11].

        Dalam penafsiran beliau dalam Surat Al-Mudatsir : 1-3 yaitu beliau menyebutkan asbabun nuzulnya kemudian dilanjutkan dengan menjelaskan kata perkata yaitu lafal ayat-ayat dalam surat tersebut secara panjang lebar.

c.Tartib Mashafi 30 Juz berdasarkan urutan mushaf.

       Seperti dalam kitab Ibnu ‘Asyur, setelah beliau menafsirkan Surat Al-Fatihah secara panjang lebar dilanjutkan dengan menafsirkan Surat Al-Baqarah dan dilanjutkan surat-surat setelahnya dan diakhiri dengan Surat An-Nas. Dan juga Kitab At-Tahrir wa At-Tanwir terdiri dari 30 Juz dan terbagi dalam 12 jilid yang dimulai dengan Surat Al-Baqarah dan diakhiri dengan Surat An-Nas.

2.Corak  (Laun) Tafsirnya
         Dalam penafsiran Ibnu Asyur menggunakan corak penafsiran bir-ra’yi. Corak bir-ra’yi adalah penafsiran dengan menggunakan analisis bahasa atau pendapat mufassir[12]. Dalam corak bir ra’yi juga menggunakan ayat-ayat al-Quran, Hadits atau pendapat ulama lainnya dan itu adalah untuk mendukung pendapat mufassir tersebut. Sebagai contoh dalam Suirat Al-Mudatsir : 1-3
$pkšr'¯»tƒ ãÏoO£ßJø9$# ÇÊÈ   óOè% öÉRr'sù ÇËÈ   y7­/uur ÷ŽÉi9s3sù ÇÌÈ  
Artinya: Hai orang yang berkemul (berselimut, bangunlah, lalu berilah peringatan!, dan Tuhanmu agungkanlah!

Penafsiran beliau adalah “Allah memanggil dengan nabi Muhammad dengan suatu sifat yang khusus baginya yang berada di langit dan bumi dan kemudian malaikat merukyah Nabi, dan kemudian Nabi pulang menemui Khajidah dengan gemetar dan Nabi berkata: Zammiluni-zammiluni” atau “datsiruni-datsiruni”. Ada yang mengatakan zammiluni wa datsiruni. Lalu ada yang mengatakan zammiluni yaitu panggilan yang mulia untuk Nabi Muhammad SAW.

Al-mudatsir isim fail dari kata tadtsir yang berarti apabila memakai selimut. Asal kata al-mudatsir adalah mutadtsir lalu dihilangkan huruf ta, yang menunujukkan pendekatan dan mempermudah dalam mengatakan.

Adapun yang nampak jelas pertama kali ayat ini diturunkan Allah menyeru untuk berdakwah, karena di dalam Surah Al-Alaq tidak ada seruan untuk berdakwah. Dan sumber dari pengertian dari sumber Surat Al-Mudatsir adalah dakwah. Allah Berfirman: Q.S. Al-Muzammil : 15

!$¯RÎ) !$uZù=yör& óOä3ös9Î) Zwqßu #´Îg»x© ö/ä3øn=tæ !$uKx. !$uZù=yör& 4n<Î) šcöqtãöÏù Zwqßu ÇÊÎÈ  
Artinya: Sesungguhnya Kami telah mengutus kepada kamu (hai orang kafir Mekah) seorang rasul, yang menjadi saksi terhadapmu, sebagaimana Kami telah mengutus (dahulu) seorang Rasul kepada Fir'aun.

Dan di ayat lain Allah menjelaskan wazarni walmukadzibin artinya “ tinggalkan aku dalam kedustaan “.

Mereka kaum Quraisy mendustakan Nabi Muhammad, setelah beliau menyampaikan apa yang telah diperintahkan Allah, walaupun sebagian mereka menolak dan mendustakan tetap beliau menyampaikan karena merupakn suatu perintah. Khadijah berkata: “Seruan terrsebut merupakan amanat bagi seluruh manusia.

Wa rabbuka fakabbir “dan Tuhanmu maka besarkanlah” termasuk maf’ul dari kata kabbara karena dihukumkan sebagai pengkhususan dan tidak membesarkan kepada selainnya, betul-betul menyatu dalam mentauhidkan Allah semata dan bukan kepada patung. Dan waw adalah athaf sama dengan kata maknanya tidak lemah dengan pengetahuan keagungan Allah Ilahiyah dan mencakup kesempurnaan dalam sifat-sifat Allah[13].

Dan makna mengangungkan keyakinmu, membesarkan dengan perkataan tasbih dan ilmu pengetahuan dan mencakup makna Allahu Akbar karena sifat ini adalah sifat Allah yang sangat besar dari segala yang besar atau pengangungan atas segala yang agung dan kalimat ini adalah sebagai pembukaan dalam shalat.


3.Pendekatan (Madkhal) Tafsir
           
               Banyak istilah yang digunakan ulama tafsir untuk menjelaskan pendekatan atau madkhal yang digunakan dalam suatu penafsiran. Pendekatan suatu penafsiran adalah suatu warna, arah atau kecenderungan pemikiran atau ide-ide tertentu yang mendominasi suatu karya tafsir[14]. Pendekatan atau madkhal dalam penafsirannya adalah lughawi atau adabi yaitu beliau dalam menafsirkan ayat-ayat Al-Qur’an lebih kepada aspek gramatikal bahasa dan sastra. Sebagaimana dalam Surat Al-Baqarah[15]:
y7Ï9ºsŒ Ü=»tGÅ6ø9$# Ÿw |=÷ƒu ¡ ÏmÏù ¡ Wèd z`ŠÉ)­FßJù=Ïj9 ÇËÈ
{ ذلك الكتاب } .
مبدأ كلام لا اتصال له في الإعراب بحروف { الم } [ البقرة : 1 ] كما علمتَ مما تقدم على جميع الاحتمالات كما هو الأظهر . وقد جوز صاحب «الكشاف» علَى احتمال أن تكون حروف { ألم } مسوقة مساق التهجي لإظهار عجز المشركين عن الإتيان بمثل بعض القرآن ، أَن يكون اسمُ الإشارة مشاراً به إلى { الم } باعتباره حرفاً مقصوداً للتعجيز ، أي ذلك المعنى الحاصل من التهجي أي ذلك الحروف باعتبارها من جنس حروفكم هي الكتابُ أي منها تراكيبه فما أَعجزَكم عن معارضته ، فيكون { الم } جملة مستقلة مسوقة للتعريض .
واسم الإشارة مبتدأ و ( الكتابُ ) خبراً . وعلى الأظهر تكون الإشارة إلى القرآن المعروف لَدَيْهم يومئذٍ واسم الإشارة مبتدأ و ( الكتاب ) بدل وخبرُه ما بعده ، فالإشارة إلى ( الكتاب ) النازِل بالفعل وهي السور المتقدمة على سورة البقرة؛ لأن كل ما نزل من القرآن فهو المعبر عنه بأنه القرآن وينضم إليه ما يلحق به ، فيكون ( الكتاب ) على هذا الوجه أطلق حقيقة على ما كُتب بالفعل ، ويكون قوله ( الكتاب ) على هذا الوجه خبراً عن اسم الإشارة ، ويجوز أن تكون الإشارة إلى جميع القرآن ما نزل منه وما سينزل لأن نزوله مترقَّب فهو حاضر في الأذهان فشبه بالحاضر في العيان ، فالتعريف فيه للعهد التقديري والإشارة إليه للحضور التقديري فيكون قوله ( الكتاب ) حينئذٍ بدلاً أو بياناً من { ذلك } والخبر هو { لا ريب فيه } .

          Dalam penafsiran ayat tersebut beliau menjelaskan tentang lafaz al-Kitab tersebut secara panjang lebar baik dari segi gramatikal maupun sastra.

D.Penutup

         Kitab tafsir At-Tahrir wa At-Tanwir merupakan tafsir kontemporer yang dikarang oleh Muhammad Thahir Ibnu ‘Asyur. Beliau merupakan seorang ulama di Tunisia. Metode Penafsiran yang digunakan Ibnu ‘Asyur dalam kitab tafsir At-Tahrir wa At-Tanwir adalah metode tahlili karena kitab tafsir ini memenuhi kriteria syarat-syarat metode tahlili (analisis). Corak (laun) penafsiran dalam kitab tafsir ini adalah dengan tafsir bi al-ra’yi yaitu dengan menggunakan aspek kebahasaan. Walaupun demikian beliau juga ada menafsirkan Al-Qur’an dengan Al-Qur’an, dengan Hadits, perkataan sahabat pandangan ulama, dan kesemua itu adalah untuk menjadi pendukung pendapat mufassir. Sedangkan pendekatan (madkhal) yang beliau gunakan adalah adabi atau sastra, karena beliau lebih banyak menjelaskan kajian kebahasaan yaitu gramatikal dan sastra dan juga beliau lebih menjelaskan kata perkata dalam lafazh Al-Quran dan mengungkapkan makna-makna suatu mufradat dalam ayat-ayat Al-Quran. 










DAFTAR PUSTAKA

Adz-Dhahabi,Muhammad Husain.1996.Tafsir wal Mufassirun.Mesir:Dar al-Kutub
Al-Qaththan,Manna’.1973.Mabahits fi Ulum Al-Qur’an.Mansyurat Al-Ash Al-Hadits
‘Asyur,Ibnu.Alaisa Subki. Darussukun li al-Nasy wa Al-Thusy
Baiden,Nasruddin.2005.Wawasan Baru Ilmu Tafsir.Yogyakarta:Pustaka Pelajar
Ghazali,Muqsith.dkk.2009. Metodologi Studi Al-Qur’an.Jakarta:Gramedia Pustaka
Shihab,Quraish.1992. Membumikan Al-Qur’an.Bandung:Mizan
Thahir Ibnu Asyur,Muhammad.1984.At-Tahrir wa At-Tanwir.Tunis:Dar At-Tunisia
Thahir,Ibnu Asyur.2008.Syarh al-Muqaddimah al-Adabiyah.Riyadh:Maktabah al-Minhaj
Zenrif,M.F. 2008. Sintetis Paradigma Studi Al-Qur’an.Malang:UIN Malang Press










                [1] Ibnu ‘Asyur, Alaisa Subhi, Darussukun li al-Nasry wa al-Thusy, hal.7
                [2] Ibid, hal.10
                   [3] Ibid, hal.15
              [4] Ibid, hal.18
              [5] Thahir Ibnu Asyur, At-Tahrir wa At-Tanwir (Tunis:Dar At-Tunisia,1984), hal.20
              [6]  Ibid, hal.80
              [7] Zenrif, Sistesis Paradigma Studi Al-Qur’an (Malang:UIN Malang Press,2008), hal.43
              [8] Muqsith Ghazali, dkk, Metodologi Studi Islam (Jakarta:Gramedia Pustaka,2009), hal.34
              [9] ‘Asyur, At-Tahrir wa At-Tanwir..., hal.152
              [10] Muhammad Husein Adz-Dzahabi, Tafsir wa Mufassirun (Mesir:Dar al-Kutub,1976), hal.10
                [11] ‘Asyur, At-Tahrir wa...., hal.150
                [12] Manna’ Al-Qaththan, Mabahits fi Ulum Al-Qur’an (Mnsyurat Al-Ash Al-Hadits,1973), hal.351
                   [13] ‘Asyur, At-Tahrir wa..., hal. 160
                   [14] Nasruddin Beidan, Wawasan Baru Ilmu Tafsir ( Yogyakarta:Pustaka Pelajar,2005), hal.385
               [15] ‘Asyur, At-Tahrir wa..., hal. 50

No comments:

Post a Comment

Pengertian Hadits Tarbawi