Saturday, January 31, 2015

Qashash dalam Al-Qur'an

A.Pengertian Qashash
Qashash secara bahasa adalah mengikuti jejak ataau menelusuri bekas atau cerita-cerita dan kisah-kisah.
Qashash dalam Al-Qur'an adalah kisah-kisah dalam Al-Qur'an yang menceritakan hal ihwal umat-umat terdahulu dan Nabi-Nabi serta peristiwa -peristiwa yang terjadi pada masa lampau, kini dan masa yang akan datang. Dan dalam Al-Qur'an banyak menceritakan umat-umat terdahulu dan sejarah Nabi atau para Rasul serta hal ihwal negaraa dan perilaku bangsa-bangsa kaum dahulu

B.Macam-Macam Qashash dalam Al-Qur'an
1.Kisah para Nabi, Mukjizat para Nabi, cara berdakwah mereka, penentang dan penegikut mereka. Seperti: Nabi Adam, Nabi Muhammad Saw, Nabi Musa dan lain sebaginya.
2.Kisah kelompok-kelompok manusia tertentu yaitu yang bukan dari kisah Nabi. Seperti: Lukmanul Hakim, Ashabul Kahfi, Thalut, Qarun dan lain sebagainya.
3.Kisah peristiwa-peristiwa atau kejadian-kejadian pada masa Rasullulah SAW seperti: kisah perang Badar, perang Uhud, Hunain, Tabuk, Ahzab serta hijrah Nabi SAW.

C.Faedah Qashash dalam Al-Qur'an
1.Menjelaskan asas-asaa dan dasar-dasar dakwah agama Allah dan menerangkan pokok-pokok syariat yang diajarkan oleh Para Nabi  (Q.S.Al-Anbiya':25)
2.Meneguhkan hati Rasullulah dan umatnya dalam mengamalkan agama Allah (Islam), serta menguatkan kepercayaan para Mukmin tentang datangnya pertolongan Allah dan kehancuran orang-orang yang sesat (Q.S.Hud:12)
3.Mengungkapkan kebohongan para Ahli kitab dengan Hujjah yang membenarkan keterangan dan petunjuk yang disembunyikan dan menentang mereka tentang isi kitab mereka sendiri sebelum kitab tersebut diganti dan diubah (Q.S.Ali Imran:93)
4.Untuk memperlihatkan mukjizat Al-Qur'an dan kebenaran Rasullulah di dalam dakwahnya dan pemberitaannya menegenai umat-umat terdahulu ataupun keterangan beliau.
5.Menanamkan pendidikan akhlaqul karimah dan mengamalkannya karena kisah-kisah yang baik itu dapat meresap dalam hati nurani dengan mudah dan baik.

D.Hikmah diulang-ulangnya Qashash dalam Al-Qur'an
1. Menjelaskan kebalaghahan Al-Quran.
2. Menjelaskan dan menunjukkan kehebatan Mukjizat Al-Qur'an
3. Memberikan perhatian besar terhadap kisah-kisah tersebut agar pesan-pesannya lebih mantap dan melekat dalam jiwa. (Q.S.Al-Kahfi:13)

2 comments:

Pengertian Hadits Tarbawi